Kamis, 03 Januari 2008

Orientasi Kader Da’i Warnai HAB Depag Ciamis
CIAMIS IMSA
Permasalahan kualitas Da’i dalam menyampaikan dakwahnya di masyarakat menjadi sorotan Departemen Agama (Depag) Kebupaten Ciamis. Da’i yang berkualitas dengan memiliki wawasan yang luas akan mampu menjadi penyejuk umat sekaligus penuntun risalah yang benar.
Oleh karena itu, dalam memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Depag yang ke-62, Depag Ciamis membidik orientasi kader da’i menjadi salah satu program unggulan dalam HAB Depag Ciamis.
“Orientasi kader da’i diharapkan menjadi solusi peningkatan kualitas da’i di daerah. yang mumpuni ” ujar Agus Abdul Kholik, Ketua HAB Depag Ciamis 2008.
Ditambahkan Agus, orientasi kader da’i diikuti seluruh da’ai yang tersebar dari berbagaio kecamatan se Kabupaten Ciamis. Setiap kecamatan mengirimkan dua orang kader da’i untuk diberi pelatihan dakwah yang benar dan berkualitas. “Salah satu materi yang diberikan adalah teknik retorika dan pemahaman sosiologi masyarakat,” terang Agus.
Selain orientasi da’i, dalam HAB Depag yang peringatannya dipusatkan di Kecamatan Cijeungjing, juga diadakan program pemberdayaan masjid.
Menurut Agus, pemberdayaan masjid, juga merupakan prioritas program Depag. Di Ciamis tersebar ribuan masjid hingga pelosok kampung. “Oleh karena itu, guna mengoptimalkan masjid, dalam HAB Depag juga dilakukan orientasi pemberdayaan masjid.
“Penting sekali masjid itu memiliki peran strategiis dalam memberdayakan ekonomi ummat, ujar Agus.
Dalam HUT Depag di Kecamatan Cijeungjing tersebut, dilakukan pula Bhakti Sosial dan santunan bagi para pensiun Depag dan para anak yatim. Hadir dalam peringatan HAB Depag tersebut, anggota DPR RI asal Ciamis, H. Agun Gunanjar Sudarsa. (Ade Kodar/San)

Tidak ada komentar: